Sabtu, 05 Januari 2013

Lelaki Bernama Bumi



Lelaki kecil bernama Al Ghofar Wirabumi. Nama itu muncul begitu saja, jauh sebelum saya menikah. Saat berniat, jika kelak setelah menikah lalu di karuniai anak, saya akan memberi nama anak saya yang sederhana saja, mudah diingat, bernuansa nusantara, mengandung arti yang baik dan memunculkan energi positif.  

Selesai itu saya tidak pernah sekalipun mencari-cari sebuah nama. Tidak lama lalu muncul begitu saja di kepala saya,Wirabumi. Walaupun saya bertanya-tanya dari mana dan bagaimana bisa nama Wirabumi yang spontan muncul di kepala saya, saya tidak ada niatan mencari taunya dan tidak perlu untuk mencari taunya. 

Saya bukan seorang kejawen, bukan seorang muslim yang fanatis, bukan penganut ideologi/aliran politik tertentu. Saya seorang yang biasa-biasa saja, berusaha hidup dengan baik, selayaknya orang-orang pada umumnya. Ketika muncul nama itu saya tidak menolaknya tapi tidak juga menerimanya dengan histeria. 

Saat itu saya hanya mengucap syukur atas anugerah nama yang begitu baiknya, lalu saya simpan baik-baik di memori otak saya nama itu. Untuk memastikan arti Wirabumi menurut saya, lalu saya konsultasi ke mbah google, menurut beberapa situs, arti kata Wirabumi adalah ; pemimpin bumi.         

Sekitar 1,5 bulan usia kehamilan istri saya, terpikir untuk menambahkan kata bernuansa muslim di depan Wirabumi, karena saya minim pengetahuan tentang nama-nama bernuansa muslim yang notabene berbahasa Arab daripada salah memberi nama, untuk lebih aman-nya saya memilih mencari nama-nama sebutan untuk Allah, sudah pasti 100% dijamin tidak salah dan dijamin bermakna baik.       

Saya memilih Al Ghofar,arti ke-Ilahian-nya adalah Yang Maha Adil. Saya sempat ragu, karena itu sebutan Ilahi, sangat Agung. Apakah tidak masalah diberikan kepada manusia, apakah pantas?. Lalu saya bertanya kepada beberapa orang yang saya anggap mumpuni ke-Islamanya. 

Ternyata tidak ada masalah, salah satunya berkata begini "selama niatanya tidak untuk 'men-Tuhan' kan yang diberi nama, atau niatanya mengambil spirit dari nama-nama Allah tersebut agar yang diberi nama terlindungi, dan kelak akan selalu ingat kepada yang menciptakanya, itu kan sangat bagus mas".

Mantablah sudah saya menambahkan nama depan anak saya, Al Ghofar Wirabumi. Jika artinya digabungkan menjadi pemimpin bumi yang adil atau pemimpin bumi yang paham akan keadilan. 

Orang tua manapun pasti menginginkan anaknya menjadi yang terbaik, dengan memberi nama yang terbaik pula.

Terima kasih Tuhan, selamat datang di Bumi nak, terima kasih telah melengkapi kebahagiaan kami.             
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar